Astuti, Jumiati (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI (Jumiati Astuti)'PGMI' 2 pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Astuti, Jumiati. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ranah 3 Warna Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag, M.Si. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Pendidikan Islam Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam sebuah novel inspiratif karya Ahmad Fuadi, Ranah 3 Warna dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Apakah ada keterkaitan antara pendidikan karakter dan pendidikan Islam dalam isi novel Ranah 3 Warna tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yakni buku atau Novel Ranah 3 Warna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tokoh utama Alif menunjukkan karakter pada novel Ranah 3 Warna yaitu sikap berpegang teguh kepada Allah Swt, ketaatan beribadah, pekerja keras, kemandirian, pantang menyerah, kesederhanaan, kreatif, beripikir kritis, tanggung jawab, dan nasionalis; (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna meliputi: rajin beribadah, bersikap husnudzon, meminta ampunan terhadap Allah Swt, berkata jujur terhadap sesuatu, disiplin waktu, berusaha keras untuk mendapatkan hasil terbaik, berpikir kreatif untuk menciptakan hal baru, mandiri tidak bergantung pada orang lain, keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu, berusaha melakukan yang terbaik untuk mengharumkan bangsa, menunjukkan rasa cinta sebagai bangsa Indonesia, menghargai setiap prestasi, menjaga persahabatan, persaudaraan, keharmonisan, peduli terhadap lingkungan, dan sosial, serta tanggung jawab; dan (3) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter novel Ranah 3 Warna dengan pendidikan Islam tergambar pada perilaku Alif yang ditandai dengan nilai akhlak keyakinan pada kuasa Allah Swt, nilai adab pada sikap Alif yang bertanggung jawab kepada keluarganya, dan keteladanan tercermin pada sifat Rasulullah Saw sebagai substansi dalam pendidikan Islam untuk mengantarkan pada pembentukan insan kamil.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 11:56 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 07:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8367 |
Actions (login required)
View Item |