PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELAUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV MI SRUWEN 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Zuhri, Saifudin (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELAUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV MI SRUWEN 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Saifudin zuhri 23040-15-0055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zuhri, Saifudin. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya Bangsaku Dengan Menggunakan Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV MI Sruwen 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsaku pada siswa kelas IV MI Sruwen 1 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Sruwen 1 berjumlah 14 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 (yang telah ditetapkan oleh MI Sruwen 1). Tolak ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KKM dan Kriteria Klasikal. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siklus I 71,43% dengan rata-rata nilai 71 ke siklus II 86% (pembulatan) dengan rata-rata nilai 79,3 terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siklus II 86% (pembulatan dengan rata-rata nilai 79,3 ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 13:32
Last Modified: 19 Jun 2020 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item