UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU MELALUI METODE HIWAR DAN SOSIODRAMA DENGAN MEDIA APLIKASI EDITING VIDEO PADA SISWA KELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WAHYUNINGTYAS, TRI SUCIATI (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU MELALUI METODE HIWAR DAN SOSIODRAMA DENGAN MEDIA APLIKASI EDITING VIDEO PADA SISWA KELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
TRI SUCIATI WAHYUNING TIAS (23010160191) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tias, Tri Suciati Wahyuning. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru Melalui Metode Hiwar dan Sosiodrama Dengan Media Aplikasi Editing Video Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar Aqidah Akhlak, Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru, Metode Hiwar dan Sosiodrama, Media Aplikasi Editing Video. Peneliti ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru siswa VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Dikarenakan hasil belajar Aqidah Akhlak pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru siswa masih terbilang rendah atau masih dibawah KKM yaitu 75, salah satu faktornya yaitu penggunaan metode yang kurang tepat dan menarik. Rumusan masalahnya adalah: Apakah melalui penggunaan metode hiwar dan sosiodrama dengan media aplikasi editing video dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dan KKM kelas materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaram 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya ada empat tahap yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yang terdiri dari 26 siswa, dimana 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data ini diambil dengan menggunakan tes, dokumentasi, lembar observasi (guru dan siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hiwar dan sosiodrma dengan media aplikasi editing video mampu meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Dapat dilihat dari hasil pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM hanya 8 siswa (30,76%), sedangkan ada 18 siswa (69,23%) yang belum tuntas. Selanjutnya pada siklus I terdapat 19 siswa (73,07%) yang tuntas dan terdapat 7 siswa (26,92%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II terdapat 26 siswa (100%) yang tuntas, dan tidak ada siswa yang tidak tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut peneliti tindakan kelas ini dihentikan di siklus II karena telah mencapai kriteria dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa VIII-B SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 13:36
Last Modified: 19 Jun 2020 07:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item