PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Alawi, Atqiya Al (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AL ALAWI PGMI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AL ALAWI PGMI.pdf

Download (7MB)

Abstract

'Alawi, Atqiya’ Al. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Word Square dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Word Square dan Taking Stick Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Word Square dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Pada Siswa kelas IV MI Ma’arif Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga. Dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Secara analisis data dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan ditandai hasil peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Dan secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan Model Pembelajaran word Square dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Pada Siswa kelas IV MI Ma’arif Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 13,64% dan Siklus I ke Siklus II 40,91%. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Dari 22 siswa, pada pra siklus terdapat 7 siswa (31,81%) yang tuntas belajar, 15 siswa (68,18%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 10 siswa (45,45%) yang tuntas belajar, 12 siswa (54,54%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 19 siswa (86,36%) yang tuntas belajar, 3 siswa (13,63%) tidak tuntas belajar. Siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa pengayaan dan remidial yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2020 21:11
Last Modified: 21 Jun 2020 14:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item