PERSPEKTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN IAIN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

ARYANI, YUNI (2020) PERSPEKTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN IAIN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI, 23 MARET 2020 , YUNI ARYANI (23010160338) print RTF print.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aryani, Yuni. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Salatiga Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi, IAIN Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Aprilian Ria Adisti, M. Pd Kata Kunci: Persepsi, Kesetaraan Gender, Pendidikan, Mahasiswa. Wacana isu kesetaraan gender telah menjadi isu hangat dikarenakan dengan adanya kesetaraan gender peran perempuan dan laki-laki untuk mendapatkan hak yang sama namun pada penerapanya masih terjadi ketimpangan di dalam pelaksanaanya. Jika pada jaman dahulu perempuan masih banyak yang belum memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya. Dalam mengakses faislitas umum, pendidikan bahkan jabatan serta wewenang, perempuan masih memiliki banyak kendala. Maka dari itu mahasiswa sebagai agent of change diharapkan bisa berpikir kritis tentang apa itu kesetaraan gender dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan perspektif mahasiswa terhadap kesetaraan gender dalam pendidikan yang meliputi persepsi mahasiswa, pelaksanaan kesetaraan gender, partisipasi mahasiswa dalam kesetaraan gender dalam pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan angket terbuka, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 38 informan angket terbuka (laki-laki dan perempuan) dan 5 informan wawancara (2 perempuan dan 3 laki-laki) mahasiswa PAI. Data analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dari jawaban angket dan wawancara dikelompokkan menjadi tiga yaitu: pertama persepsi mahasiswa terhadap kesetaraan gender dalam pendidikan adalah ada yang beranggapan bahwa gender itu sama dengan jenis kelamin sebagian juga ada yang mengetahui konsep gender; kedua pelaksanaan konkrit kesetaraan gender di kampus menurut informan menyatakan sudah terlaksana dengan baik; ketiga partisipasi mahasiswa PAI dalam kesetaraan gender dalam pendidikan yaitu pada kegiatan diskusi, aktif di kelas, serta mengikuti organisasi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2020 09:53
Last Modified: 24 Jun 2020 06:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item