Ambarwati, Vivi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA TIRAI PANGGUNG BUDAYA PADA SISWA KELAS IV MI SABILUL HUDA JIMBARAN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI VIVI AMBARWATI FIKS.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ambarwati, Vivi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Media Tirai Panggung Budaya Pada Siswa Kelas IV MI Sabilul Huda Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar,IPS, dan Media Tirai Panggung Budaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman budaya melalui model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media tirai panggung budaya pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media tirai panggung budaya. Subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Februari sampai dengan 19 Februari 2020. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran IPS melalui model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media tirai panggung budaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman budaya pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siwa bahwa pada pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 15 siswa (41,66%) dari 36 siswa. Pada siklus I setelah menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media tirai panggung budaya siswa yang tuntas KKM sebanyak 25 siswa (69,44%) dari 36 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu siswa yang tuntas KKM sebanyak 33 siswa (91,66%) dari 36 siswa.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 19:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 12:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8465 |
Actions (login required)
View Item |