STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 BAWEN

Sofiatun, Riva (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 BAWEN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi_Riva_Sofiatun_23010150029-dikompresi[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Sofiatun, Riva. 2020. “Strategi guru PAI dalam pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Bawen” Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M,Pd. Kata Kunci : Strategi guru PAI, Pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi guru PAI dalam pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Bawen.Untuk itu peneliti mengfokuskan pada dua rumusan masalah yakni: 1) Bagaimanakah strategi guru PAI dalam pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Bawen. 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Bawen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data-data yang ada di dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendiskripsikan data dari informasi yang didapat. Adapun hasil yang diperoleh adalah: 1) Strategi guru PAI dalam pengembangan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 adalah dengan menyusun bahan ajar sesuai dengan standar isi yang dibuat oleh pemerintah berdasarkan tujuan yang ingin dicapai serta indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar. Kemudian mengembangkan materi ajar sesuai dengan kebutuhan siswa.2)Faktor pendukung yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Bawen adalah pemerintah telah memberikan pedoman penyusunan materi ajar, sehingga guru memiliki acuan dasar dalam menyusun bahan ajar serta bahan-bahan materi yang mudah didapat. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain tantangan guru untuk memiliki pengetahuan yang mencukupi dan mencari materi yang sesuai dengan standard pemerintah serta mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:28
Last Modified: 23 Jun 2020 03:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item