Y, Pratiwi Santi (2020) PENERAPAN STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI TEOREMA PHYTAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]
Text
2307015067_PRATIWI SANTI Y_Skripsi Kemampuan Pemecahan Masalah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahanmasalah materi teorema phytagoras siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga.Berdasarkan data hasil pra siklus menunjukkan persentase 38% kemampuanpemecahan masalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga memilikikemampuan pemecahan masalah dengan kriteria rendah, Hasil belajar siswamenunjukkan persentase 100% artinya siswa belum tuntas sebanyak 32 siswa belumtuntas KKM dengan KKM nya adalah 72.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga yang berjumlah 32 siswa. Penelitianini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan,observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembarobservasi, skala kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja siswa, soalkemampuan pemecahan masalah, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis data deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategipembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika materi Teorema Phytagoras di kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga dapatdilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah pada saat pra siklus sebesar38%, Pada siklus 1 sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 85%. Jadi dapatdisimpulkan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII CSMP Negeri 5 Salatiga peningkatan yang cukup signifikan dan meningkat menjadisangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah. Sedangkan untuk hasil belajar matematikaberdasarkan kondisi awal di kelas VIII C siswa yang mencapai ketuntasan hanya 0%dari keseluruhan jumlah siswa dengan rata-rata 38,5. Pada siklus I setelahmenerapkan metode pembelajaran Think Talk Write, siswa yang tuntas dalam KKM72 sebanyak 1 siswa atau 3,125% dengan rata-rata 40,3125. Pada siklus II sebanyak32 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 85,1875. Dari hasilpenelitian diatas menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan peningkatan hasil belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahanmasalah materi teorema phytagoras siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga.Berdasarkan data hasil pra siklus menunjukkan persentase 38% kemampuanpemecahan masalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga memilikikemampuan pemecahan masalah dengan kriteria rendah, Hasil belajar siswamenunjukkan persentase 100% artinya siswa belum tuntas sebanyak 32 siswa belumtuntas KKM dengan KKM nya adalah 72.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga yang berjumlah 32 siswa. Penelitianini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan,observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembarobservasi, skala kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja siswa, soalkemampuan pemecahan masalah, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis data deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategipembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika materi Teorema Phytagoras di kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga dapatdilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah pada saat pra siklus sebesar38%, Pada siklus 1 sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 85%. Jadi dapatdisimpulkan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII CSMP Negeri 5 Salatiga peningkatan yang cukup signifikan dan meningkat menjadisangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah. Sedangkan untuk hasil belajar matematikaberdasarkan kondisi awal di kelas VIII C siswa yang mencapai ketuntasan hanya 0%dari keseluruhan jumlah siswa dengan rata-rata 38,5. Pada siklus I setelahmenerapkan metode pembelajaran Think Talk Write, siswa yang tuntas dalam KKM72 sebanyak 1 siswa atau 3,125% dengan rata-rata 40,3125. Pada siklus II sebanyak32 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 85,1875. Dari hasilpenelitian diatas menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan peningkatan hasil belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahanmasalah materi teorema phytagoras siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga.Berdasarkan data hasil pra siklus menunjukkan persentase 38% kemampuanpemecahan masalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga memilikikemampuan pemecahan masalah dengan kriteria rendah, Hasil belajar siswamenunjukkan persentase 100% artinya siswa belum tuntas sebanyak 32 siswa belumtuntas KKM dengan KKM nya adalah 72.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga yang berjumlah 32 siswa. Penelitianini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan,observasi serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembarobservasi, skala kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja siswa, soalkemampuan pemecahan masalah, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis data deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategipembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika materi Teorema Phytagoras di kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga dapatdilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah pada saat pra siklus sebesar38%, Pada siklus 1 sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 85%. Jadi dapatdisimpulkan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII CSMP Negeri 5 Salatiga peningkatan yang cukup signifikan dan meningkat menjadisangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah. Sedangkan untuk hasil belajar matematikaberdasarkan kondisi awal di kelas VIII C siswa yang mencapai ketuntasan hanya 0%dari keseluruhan jumlah siswa dengan rata-rata 38,5. Pada siklus I setelahmenerapkan metode pembelajaran Think Talk Write, siswa yang tuntas dalam KKM72 sebanyak 1 siswa atau 3,125% dengan rata-rata 40,3125. Pada siklus II sebanyak32 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 85,1875. Dari hasilpenelitian diatas menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write dapat meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 10:50 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8498 |
Actions (login required)
View Item |