PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA LUCKY DAY IF YOU LUCKY PADA SISWA KELAS III MI PERWANIDA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, Faila Sifa (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA LUCKY DAY IF YOU LUCKY PADA SISWA KELAS III MI PERWANIDA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
23040160106_Faila_Sifa_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sifa, Faila. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Learning Cycle Dengan Media Lucky Day If You Lucky Pada Siswa Kelas III MI Perwanida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Suwardi, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Tematik, Model Learning Cycle, Media Lucky Day If You Lucky Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik melalui model learning cycle dengan media lucky day if you lucky pada siswa kelas III MI Perwanida Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Perwanida Kota Salatiga pada Tema 5 Sub Tema 1 tentang Keadaan Cuaca. Jumlah siswa kelas III ada 28 siswa yang meliputi 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model learning cycle dengan media lucky day if you lucky dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas III MI Perwanida Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus sebelum menerapkan model learning cycle dengan media lucky day if you lucky hanya 11 (39,3%) siswa yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I ada 16 (57,1% ) siswa yang tuntas. Kemudian, pada siklus II ada 26 (92,8%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Oleh karena itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus dapat dihentikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:58
Last Modified: 23 Jun 2020 04:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item