Munawaroh, (2020) MATERI PERISTIWA KEDATANGAN BANGSA BARAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL FLIP CHART PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Munawaroh revisi baru-1.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Munawaroh. 2020. Peningkatan hasil belajar IPS materi Peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media visual Flip Chart pada kelas VA MI Ma’arif Kutowinangun tahun ajaran 2019/2020. Progam Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing :Dra. Hj. Urifatun Anis,M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, Make a Match, Media Visual Flip Cahrt, IPS Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi persitiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia kelas V MI Ma?arif Kutowianangun Salatiga. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan media visual Flip Chart dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia pada siswa kelas VA MI Ma?arif Kutowinangun tahun ajaran 2019/2020. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tahap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan melebihi KKM yang telah ditentukan madrasah yaitu 65. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi peristiwa kedatangan bangsa barat pada siswa kelas VA MI Ma?arif Kutowinangun Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media visual Flip Chart dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa MI Ma?arif Kutowinangun, Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Prasiklus sebelum menerapkan model pembelajaran Make a Match dan media visual FlipChart hanya 4 siswa (17,39%) yang memenuhi KKM. selanjutnya pada Siklus I ada 8 siswa (34,78%) yang memenuhi KKM, dan pada Siklus II ada 20 siswa (86,95%) yang memenuhi KKM. oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 11:58 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 11:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8505 |
Actions (login required)
View Item |