KONSEP PENDIDIKAN HADHARI (INOVASI PENDIDIKAN ISLAM ERA MODERN)

CHOFIFAH, UMI LAILATUL (2020) KONSEP PENDIDIKAN HADHARI (INOVASI PENDIDIKAN ISLAM ERA MODERN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI UMI 2020 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Chofifah, Umi Lailatul. Konsep Pendidikan Hadhari (Inovasi Pendidikan Islam Era Modern). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M. Ag. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Hadhari, Inovasi Pendidikan Islam, Modern. Penelitian ini membahas tentang Konsep Pendidikan Hadhari (Inovasi Pendidikan Islam Era Modern). Tujuan yang hendak dicapai penulis dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengkaji Konsep Pendidikan Hadhari (Inovasi Pendidikan Islam Era Modern). Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep pendidikan hadhari? (2) Bagaimana aktualisasi pendidikan hadhari era modern? (3) Bagaimana inovasi pendidikan Islam era modern dengan menggunakan konsep pendidikan hadhari?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian pustaka yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, dengan metode library research dan literatur yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer berupa buku pendidikan hadhari sedangkan data sekunder dari internet, jurnal dan artikel. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis, karena pengumpulan data dalam skripsi ini bersifat kualitatif dan tidak bermaksud untuk menguji hipotesis, dalam arti hanya menggambarkan dan menganalisis secara kritis terhadap suatu permasalahan yang dikaji oleh peneliti yaitu mengenai inovasi pendidikan Islam era modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan hadhari adalah konsep pendidikan Islam yang memuat nilai-nilai peradaban yang tinggi dan luhur atau berkemajuan. Konsep pendidikan hadhari secara komprehensif mendeskripsikan tiga wilayah keilmuan Islam yang terbagi dalam tiga entitas peradaban atau hadharah, yakni peradaban teks (hadharah al-nash), peradaban ilmu (hadharah ‘ilm), dan peradaban falsafah (hadharah al-falsafah). Dalam konteks modern konsep ini digunakan sebagai salah satu rujukan atau pedoman dalam melakukan inovasi pendidikan guna menjawab berbagi tantangan pendidikan islam masa kini dan untuk memperbarui kembali pendidikan Islam yang maju serta mampu menjawab isu kontemporer. Teraktualisasi yang dinyatakan melaui realisasi tiga dimensi pendidikan Islam era modern sebagai wujud pembaharuan yakni inovasi pendidikan Islam pada pengembangan manajemen mutu pendidikan, pendidikan damai dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Budaya Meneliti (Research-Based Knowledge).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 12:17
Last Modified: 23 Jun 2020 05:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8507

Actions (login required)

View Item View Item