IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN MORALITAS SISWA DI SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LESTARININGSIH, (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN MORALITAS SISWA DI SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa di SMP N 8 Salatiga. Fokus masalah yang dikaji adalah: 1) Gambaran implementasi kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa di SMP Negeri 8 Salatiga. 2) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa di SMP Negeri 8 Salatiga. 3) Faktor yang mendorong dan menghambat implementasi kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa di SMP Negeri 8 Salatiga. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model penelitian kualitatif.Subjek penelitian terdiri dari tenaga pendidik dan siswa.Sedangkan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan temuan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa telah berjalan dengan baik melalui perencanaan,koordinasi, pengawasan, evaluasi, serta tindak lanjut yang kompak. 2) Program ini dilaksanakan untuk mewujudkan siswa yang bermoral dan berakhlaq mulia.Bentuk kegiatan keagamaan dalam pembinaan moralitas siswa di SMP N 8 Salatiga yaitu berupa pembiasaan dan ekstrakurikuler.Kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan ialah sholat zhuhur berjama’ah, tilawah bersama, sholat dhuha, infaq setiap Jum’at, pawai ta’aruf, berjabat tangan sebelum masuk kelas, kerja bakti mushola. Sedangkan kegiatan yang termasuk dalam ekstrakurikuler ialah rebana dan MTQ. 3) Kegiatan keagamaan di SMP N 8 Salatiga tidak terlepas dari faktor yang mendorong dan menghambatnya.Faktoryang mendorong kegiatan keagamaan ialah peran guru, fasilitas yang memadai, dan motivasi menjadi hal yang turut mendukung berjalannya kegiatan di SMP N 8 Salatiga. Sedangkan faktor yang menghambatnya ialah lingkungan siswa yang berbeda-beda, jadwal kegiatan yang bersamaan dan siswa yang kurang semangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 14:45
Last Modified: 24 Jun 2020 01:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item View Item