IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI DIGITAL LEARNING DI SMK N 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KHASANAH, SITI NUR (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI DIGITAL LEARNING DI SMK N 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Siti Nur Khasanah 182.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui digital learning 2) Untuk mengetahui kendala-kendala guru dan siswa dalam penerapan digital learning 3) Untuk mengetahui kemanfaatan dari penerapan digital learning dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh peneliti, dan terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui digital learning di SMK N 1 Tuntang saat ini sudah berjalan dengan baik. Penggunaan digital learning ini sangat membantu guru. Karena guru tidak perlu lagi menjelaskan banyak materi yang dapat menghabiskan waktu saat pembelajaran berlangsung. Dengan pembelajaran digital ini guru dapat mengupload materi-materi di aplikasi yang sudah ditentukan dihari sebelum adanya pembelajaran. Sehingga siswa dapat belajar dihari sebelum ada mata pelajaran tersebut. Tetapi masih ada beberapa yang harus diperbaiki terutama SDM dan masih minimnya sarana dan prasarana pembelajaran. Dengan adanya guru yang masih muda-muda sangat mendukung perubahan dari yang awalnya pembelajaran biasa menjadi digital learning. Dalam penerapan digital learning ini, membuat siswa menjadi lebih semangat untuk belajar karena di setiap pembelajaran diselingi dengan video-video yang memotivasi dan materi yang mereka dapatpun lebih banyak dan bisa di pelajari kapan saja. Bukan hanya itu, pembelajaran digital ini membuat suasana pembelajaan lebih efektif dan bervariatif. Manfaat yang didapat dalam menerapkan digital learning ini siswa dapat belajar dengan baik dan mendapatkan materi pelajaran yang lebih banyak. Selain itu juga dapat menambah konsentrasi selama pembelajaran, menambah interaksi antara guru dengan siswa, dapat menambah wawasan dan menjadikan pembelajaran yang lebih bervariatif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:44
Last Modified: 23 Jun 2020 23:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item