UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA LEGO PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF DUKUH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

Seviyanti, (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA LEGO PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF DUKUH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Seviyanti 23040160129 (PGMI).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seviyanti. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Lego pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Hasil belajar matematika; pendekatan matematika realistik; dan media lego Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta untuk mencapai target kriteria ketuntasan belajar matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Ma?arif Dukuh Kota Salatiga. Dalam penelitian ini pembelajaran dilakukan dengan menerapakan pendekatan matematika realistik yang menggunakan masalah konstekstual berbantuan media lego. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 28 Januari 2020. Subyek dari penelitian ini adalah kelas III MI Ma?arif Dukuh Kota Salatiga dengan jumlah siswa 21 orang. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa siklus I yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 71,42% dan yang belum tuntas 6 siswa atau 28,78% dengan rata-rata kelas 67,2. Siklus II yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 80,95% dan yang belum tuntas siswa atau 19,05% dengan rata-rata kelas 71,4 sedangkan hasil belajar siklus III belum dapat diperoleh karena terhambat oleh masa darurat Pandemi Coronavirus Disase (COVID-19) berkaitan dengan kebijakan pembelajaran dari rumah. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan matematika realistik berbantuan media lego belum dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III MI Ma?arif Dukuh Kota Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 09:23
Last Modified: 24 Jun 2020 09:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item