Munawaroh, Umi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL TALKING CHIPS DENGAN KANTONG DORAEMON PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH NU KAUMAN KIDUL KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Umi Munawaroh (23040160036) Revisi Skripsi.pdf Download (5MB) |
|
Text
Munawaroh revisi baru-1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Munawaroh, Umi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Talking Chips dengan Kantong Doraemon Pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah NU Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas TArbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Talking Chips, Kantong Doraemon Penelitian yang dilakukan di MI Islamiyah NU Kauman Kidul Kota Salatiga ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV. Rumusan yang akan di jawab pada penelitian ini adalah apakah model talking chips dengan kantong doraemon dapat meningkatkan hasil belajar tematik kelas IV di MI Islamiyah NU Kauman Kidul tahun 2020? Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Nu Kauman Kidul Kota Salatiga pada pembelajaran tematik. Jumlah siswa kelas IV ada 26 siswa meliputi 15 perempuan dan 11 Laki-laki. Data yang diperoleh pada tahap pra siklus dari 26 siswa dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah sebesar 70 diketahui hanya 8 siswa (30,77%) siswa yang tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau (57,70%) siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 23 siswa atau (88,46%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Serta adanya peningkatan pada setiap tahapnya, dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 26,93% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 30,76%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model talking chips dengan kantong doraemon dapat meningkatkan hasil belajar tematiksiswa kelas IV MI Islamiyah NU Kauman Kidul tahun 202
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 09:39 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 09:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8555 |
Actions (login required)
View Item |