UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 5

Suwarti, Siti (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 5. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI SKRIPSI SITI SUWARTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Suwarti, Siti. 2020. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan SAVI Materi Teorema Pythagoras pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; Matematika; Discovery Learning Pendekatan SAVI. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan SAVI materi Teorema Pythagoras dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) Untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan SAVI materi Teorema Pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 peserta didik meliputi 15 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, dan soal tes. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 55,56% pada siklus I meningkat menjadi 77,78% pada siklus II sehingga memenuhi indikator yaitu persentase aktivitas belajar matematika secara klasikal mencapai 70%. Pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 25,93% dengan rata-rata nilai 48,89 meningkat pada siklus I menjadi 62,96% dengan rata-rata nilai 71,89 dan juga meningkat pada siklus II menjadi 88,96% dengan rata-rata nilai 85,56 sehingga memenuhi indikator yaitu persentase ketuntasan belajar matematika secara klasikal mencapai 85% dengan KKM 70.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 10:19
Last Modified: 24 Jun 2020 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item View Item