AWALIYAH, RIFAUL (2020) SISTEM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA/SISWI MUSLIM DI SMP PANGUDI LUHUR SANTO MIKAEL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
TANGGAL 24 APRIL SKRIPSI RFAUL AWALIYAH (219) PAI.pdf Download (9MB) |
Abstract
Awaliyah, Rifaul. 2017. Sistem Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam bagi Siswa/Siswi Muslim SMP Pangudi Luhur Santo Mikael Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Wahyudiana, M.Pd. Kata kunci: sistem; internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; siswa/siswi Muslim Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang dijalankan dalam proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi siswa/siswi Muslim yang menempuh jenjang pendidikan di yayasan non Muslim, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan sistem dalam proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi siswa/siswi Muslim yang menempuh jenjang pendidikan di yayasan non Muslim. Penelitian yang diusung penulis merupakan penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dari Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama dan Bimbingan Konseling, 6 orang tua siswa/siswi Muslim, serta 7 siswa/siswi Muslim SMP Pangudi Luhur Santo Mikael Salatiga baik kelas X, XI, XII. Sedangkan sumber sekunder berupa foto, dokumen terkait pendidikan agama, profil sekolah dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dijalankan berupa kerjasama diantara pihak sekolah (Kepala Sekolah, Guru, siswa/siswi) dengan pihak kedua (orang tua dan tokoh masyarakat Muslim) untuk melaksanakan proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi siswa/siswi Muslim. Proses tersebut melitupi 3 tahap, pertama tahap pengenalan dan pemahaman, kedua tahap penerimaan, dan ketiga tahap pengintegrasian. Faktor pendukungnya adalah komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan pihak kedua, adanya kegiatan keagamaan dan pembinaan, pendampingan guru secara langsung, pemberian motivasi, faktor alumni, tempat mushola dilengkapi dengan sajadah, mukena dan Al-Qur’an serta didapati alat rebana. Sedangkan faktor pengahambatnya adalah kurangnya kesadaran bagi siswa/siswi Muslim dalam menjalankan aturan dan ibadah di mushola sekolah serta belum ada pembinaan agama secara khusus untuk siswa/siswi Muslim.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 11:31 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 04:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8571 |
Actions (login required)
View Item |