Riyadi, Muhammad (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOSEGORO KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi_Muhammad_Riyadi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhammad, Riyadi. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Koordinat Kartesius Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga : Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, Hasil Belajar, Sistem Koordinat Kartesius Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosegoro, kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus yakni siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan nilai kriteria ketuntasan minimal masing-masing siklus yaitu 67. Sumber data dalam penelitian ini meliputi foto-foto kegiatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I menghasilkan 17 siswa dengan presentase 57% untuk siswa telah lulus KKM dan ada 13 siswa yang belum tuntas dengan presentase 43%. Sedangkan untuk siklus II menghasilkan 26 siswa yang telah tuntas KKM dengan presentase ketuntasan 87% dan ada 4 siswa yang belum tuntas sebesar 13%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 11:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 04:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8572 |
Actions (login required)
View Item |