IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENGALAMI INTERAKSI KOMUNIKASI DAN REFLEKSI (MIKIR) DALAM KEGIATAN BELAJAR DI KELAS IV MI MA’ARIF BRANGSONG KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL

Anisah, Lestari Umi (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENGALAMI INTERAKSI KOMUNIKASI DAN REFLEKSI (MIKIR) DALAM KEGIATAN BELAJAR DI KELAS IV MI MA’ARIF BRANGSONG KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI LESTARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Umi. 2020. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi (MIKIR) dalam Kegiatan Belajar di Kelas IV MI Ma’arif Brangsong Kabupaten Kendal.Skripsi. Salatiga. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Suwardi, M.Pd Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Mikir Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui Implementasi pendekatan pembelajaran MIKIR yang ada pada kelas IV MI Brangsong Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Penulis mengambil peran sebagai pewawancara langsung untuk menggali data lebih lengkap kepada guru dan siswa. Mikir merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dicetuskan oleh Tanoto Foundation pada Tahun 2018 silam. Mikir merupakan singkatan dari Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dalam proses implementasi pembelajaran mikir terdapat beberapa komponen pendukung agar proses pembelajaran bisa maksimal dan berjalan sesuai dengan tujuan dari suatu pembelajaran, yaitu perencanaan pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, peran guru dalam proses pembelajaran, serta peran sekolah dalam pengimplementasian pendekatan pembelajaran mikir. Setiap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran mikir guru selalu berusaha untuk kreatif dan inovatif dalam mempersapkan bahan ajar dan skenario pembelajaran. Pendekatan pembelajara mikir memliki beberapa unsur yang terdapat didalamnya, yaitu: mengalami, interksi, komunikasi, dan refleksi. Hal tersebut merupakan unsur dari pembelajaran mikir yang dalam proses pembelajaranya tidak harus dilaksanakan secara berurutan tetapi harus ada dalam pembelajaran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:27
Last Modified: 24 Jun 2020 13:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item