Fatkhurrohman, Muhammad (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA BOPLAS KELAS V MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TUNTANG SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fatkhurrohman, Muhammad. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peredaran Darah melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Media Boplas pada Siswa Kelas V MI Tarbiyyatul Aulad Jombor Tuntang Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Dosen Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Demonstrasi, Media Boplas dan Peredaran Darah Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Media Boplas pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode demonstrasi Berbantuan media boplas dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada siswa kelas V MI Tarbiyyatul Aulad Jombor Tuntang Semarang tahun pelajaran 2019/2020? Untuk menjawab dan mengemukakan pernyataan dari pernyataan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Semarang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode demonstarsi berbantuan media boplas dan metode pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan metode demonstrasi berbantuan media boplas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah melalui hasil tes tertulis dan juga lembar pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata 75,83 atau 66,67% dengan 12 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata 89,72 atau 94,44% dengan 17 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang belum tuntas.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 21:40 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 21:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8647 |
Actions (login required)
View Item |