Pratama, Viki Bravelia (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 TENTANG INTERAKSI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA KELAS IV MI SUDIRMAN SURUHKALANG JATEN KABUPATEN KARANGAYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
VIKI BRAVELIA PRATAMA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama, Viki Bravelia. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Tentang Interaksi Makhluk Hidup Melalui Model Team Game Tournament Dengan Media Pop-Up Book Pada Kelas IV MI Sudirman Suruhkalang Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Team Game Tournament, Media Pop-Up Book, IPA Tema 3 Tentang Interaksi Makhluk Hidup Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa model Team Game Tournament (TGT) dengan Media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar ipa tema 3 tentang interaksi makhluk hidup pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sudirman Suruhkalang, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 November 2019, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV MI Sudirman Suruhkalang Jaten dengan jumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Team Game Tournament dengan media Pop-up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tema 3 Tentang Interaksi Makhluk Hidup Pada Kelas IV di MI Sudirman Suruhkalang Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan adanya ketuntasan hasil belajar siswa sudah memenuhi target pencapaian hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ?85% pelajaran ipa tema 3 tentang interaksi makhluk hidup pada siswa kelas IV. Pencapaian persentase hasil belajar ipa secara klasikal sudah melampaui batas ketuntasan yang terbukti pada siklus II. Pada Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan baru mencapai 84%. Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa, persentase sudah melampaui batas pencapaian secara klasikal yaitu 100%. Peningkatan hasil belajar siswa dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 9,85 dengan nilai rata-rata Pra Siklus 61,40 dan Siklus I 71,25, Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 19,375 dari nilai rata-rata 71,25 menjadi 90,625.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 09:37 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 09:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8663 |
Actions (login required)
View Item |