PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

CHOIR, HIDAYATUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI HIDAYATUL CHOIR pdf (PGMI 23040160025).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Choir, Hidayatul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perpindahan Kalor Melalui Strategi Ekspositori dengan Media Visual pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Hj. Nur Hasanah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Strategi Ekspositori dan Media Visual Penelitian ini diadakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Perpindahan Kalormelalui strategi ekspositori dengan media visual pada siswa kelas V semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas, yang mana pada penelitian ini terdapat 2 siklus dan setiap siklus terdapat 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini subjeknya ialah siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Adapun Instrumen penelitian ini dilakukan dengan hasil observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan melihat hasil belajar pada masing-masing siklus. Berdasarakan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA melalui strategi ekspositori dengan media visual mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi perpindahan kalor pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa, yang mana padatahap pra siklus atau pada saat pembelajaran belum diterapkannya strategi ekspositori dan media visual dari total seluruh siswa kelas v(18 siswa) terdapat 5 siswa yang telah mencapai KBM atau diperoleh data persentase dengan angka 28%. Sedangkan 15 siswa atau 72% lainnya belum mencapai KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) dengan rata-rata nilai 60,27. Setelah dilakukan tindak lanjut dengan diterapkanya strategi ekspositori dengan media visual pada siklus 1terdapat 9 siswa atau 50% siswa dinyatakan tuntas KBM dengan rata-rata nilai 69. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik pada hasil belajar siswa. Pada siklus II ini terdapat 16 siswa (89%) siswa yang dinyatakan tuntas KBM dengan nilai rata-rata 82.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:59
Last Modified: 26 Jun 2020 09:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8667

Actions (login required)

View Item View Item