PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN SISWA MI MA’ARIF PULUTAN SALATIGA

Latifah, Neni Yuhrotul (2020) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN SISWA MI MA’ARIF PULUTAN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_NENI YUHROTUL LATIFAH_12010180014.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Dukungan Sosial Akademik dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Menghafal al Qur’an Siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kemampuan menghafal al Qur’an siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga; 2) Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan menghafal al Qur’an siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga; 3) Pengaruh dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara simultan terhadap kemampuan menghafal al Qur’an siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa, sekaligus menjadi sampel seluruhnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes lisan. Uji instrument dengan menggunakan uji validitas dan uji relibilitas. Sedangkan uji asumsi menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dukungan sosial orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan meghafal al Qur’an dengan nilai signifikasi sebesar 0,036 (P<0,05); 2) Efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kemampuan menghafal al Qur’an dikarenakan nilai signifikasi sebesar 0,633; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri terhadap kemampuan menghafal al Qur’an siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga, dengan nilai signifikasi sebesar 0,006 (P<0,05) dan pengaruhnya sebesar 26,1 %. Kata kunci: Dukungan sosial orang tua, efikasi diri, kemampuan menghafal al Qur’an. ABSTRACT The influence of parents' social support and self-efficacy on the ability to memorize the Qur'an of MI Ma'arif Pulutan Salatiga students. Thesis Program of Islamic Religious Education (PAI), postgraduate Program, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. This study aims to find out 1) The effect of parents’ social support on the ability to memorize the Qur'an of the students of Ma'arif Pulutan Salatiga; 2) The effect of self-efficacy on the ability to memorize the Qur'an of MI Ma'arif Pulutan Salatiga students; 3) The effect of parents’' social support and self-efficacy simultaneously on the ability to memorize the Qur'an's students MI Ma’arif Pulutan Salatiga. The approach used in this study is quantitative. The subjects in this study are 37 students, as well as being a whole sample. The Data collection techniques used were questionnaires and oral tests. The instrument test uses the validity test and the reliability test. While the assumption test uses the normality test and linearity test. The hypothesis testing in this study uses multiple linear regression test. The results showed that 1) parents’' social support significantly influenced the ability to memorize the Qur'an with a significance value of 0.036 (P <0.05); 2) Self-efficacy does not affect the ability to memorize the Qur'an because the significance value of 0.633; 3) There is a significant influence between parents’' social support and self-efficacy on the ability to memorize the Qur'an of MI Ma'arif Pulati Salatiga students, with a significance value of 0.006 (P <0.05) and the effect of 26.1%. Keywords: parents’ social support, self-efficacy, the ability to memorize the Qur'an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:44
Last Modified: 29 Jun 2020 01:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item