Ananda, Hilya Khulafa (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMAHAMI ISI DONGENG MELALUI METODE JIGSAW DAN MEDIA 3 DIMENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI NU MATHOLI’UL HUDA BAKALANKRAPYAK KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI HILYA KHULAFA ANANDA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ananda, Hilya Khulafa. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Melalui Metode Jigsaw dan Media 3 Dimensi pada Peserta Didik Kelas III MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: hasil belajar Bahasa Indonesia; jigsaw dan 3 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode Jigsawdan media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi memahami isi dongeng pada siswa kelas III MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 60 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai peserta didik dalam penyampaian dongeng yang meningkat dari pra siklus sampai siklus II. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pra siklus memperoleh presentase sebesar 28,57% atau 8 peserta didik. Dalam siklus I terdapat peningkatan sebesar 64,29 atau 20 peserta didik yang berhasil dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada Siklus II, adanya peningkatan sebanyak 26 peserta didik berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memperoleh presentase 92,85%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan metode jigsaw dan media 3 dimensi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 09:55 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 03:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8719 |
Actions (login required)
View Item |