WIJAYANTI, KURNIA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS III SEMESTER II DI MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti, Kurnia. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia melalui Metode Outdoor Study pada siswa Kelas III di MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. H. Wahyudhiana, MM.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Outdoor Study Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga masih rendah, ditunjukan dengan presentase masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA di MI tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Outdoor Study pada mata pelajaran IPA materi Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia dengan menggunakan metode Outdoor Study pada siswa kelas III MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga dengan jumlah siswa 17 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara membandingkan pencapaian nilai prestasi belajar tiap siklus dengan menghitung kriteria ketuntasan siswa secara klasikal. Menggunakan rumus presentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 30%, sedangkan siklus I ke siklus II 23,2%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 35% siswa tuntas belajar, siklus I 65% siswa tuntas belajar, siklus II 88,2% siswa tuntas belajar. Pada siklus terakhir siswa yang belum tuntas 11,8% (2 siswa). Siklus akan dihentikan karena indikator keberhasilan baik individu maupun klasikal sudah terpenuhi. Sedangkan siswa yang belum tuntas akan diberikan latihan mandiri dan remidiasi oleh guru. Dengan harapan semua siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 11:25 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 11:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8756 |
Actions (login required)
View Item |