PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR TEMA LINGKUNGAN SEKITAR KITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP PADA KELAS V A SD PTQ AN-NIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Diyanti, Istiana Nur (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR TEMA LINGKUNGAN SEKITAR KITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP PADA KELAS V A SD PTQ AN-NIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SSKRIPSI ISTIYANA N D 23040160058 PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diyanti, Istiyana Nur. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Tema Lingkungan Sekitar Kita dengan Strategi Pembelajaran Mind Map Pada Kelas VA SD PTQ An-Nida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Strategi Pembelajaran Mind Map Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPA) di SD Plus Tahfidzul Qur’an An-Nida memiliki hasil belajar yang rendah, hal ini tidak lepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Sehingga masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah Strategi Pembelajaran Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas VA SD Plus Tahfidzul Qur’an An-Nida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi daur air dengan strategi pembelajaran Mind Map. Subjek penelitian ini terdari guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas VA sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas VA SD PTQ An-Nida tahun 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: standard KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan strategi pembelajaran Mind Map hanya ada 23,9% (5 siswa) yang tuntas, sedangkan 76,1% (16 siswa) belum memenuhi standard KKM. Setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Mind Map dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 57,2% (12 siswa) yang tuntas, dan 42,8% (9 siswa) yang belum tuntas. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 85,7% (18 siswa) yang tuntas dan 14,3% (3 siswa) belum tuntas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2020 08:16
Last Modified: 01 Jul 2020 08:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8765

Actions (login required)

View Item View Item