MAHENDRA, BENNY PUTRA (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI MTs MA'ARIF CANDIMULYO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Attaimi, Kafa Fahrin. 2020. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Keagamaan Bagi Siswa Di MTs Ma’arif Candimulyo Magelang Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, dan Keagamaan Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan bagi siswa di MTs Ma’arif Candimulyo Magelang tahun 2019/2020. Fokus masalah yang dikaji adalah: (1) bagaimana penerapan pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan bagi siswa di MTs Ma’arif Candimulyo Magelang. (2) apa saja kendala yang dihadapi sekolah dalam penerapan pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan bagi siswa di MTs Ma’arif Candimulyo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kualitatif deskriptif. Dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter siswa pada kegiatan keagamaan telah berjalan dengan baik sesuai program yang telah ditentukan melalui beberapa kegiatan baik dari pembiasaan, kegiatan intra sekolah maupun ekstrakurikuler. Kegiatan pembiasaan diantaranya adalah tadarus Alqur’an, membaca surat pendek (juz ‘amma), sholat dhuha berjamaah, do’a sebelum belajar, pembacaan asmaul husna, sholat dhuhur berjamaah. Kegiatan melalui intra sekolah yaitu pembelajaran agama di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler yaitu qiro’ (tilawah), rebana, dan kegiatan keagamaan lainnya. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada kegiatan tersebut adalah nilai religius, jujur, toleransi, bersikap disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, rasa tanggung jawab. Kendala yang dihadapi adalah peran pihak guru masih kurang aktif, siswa yang tidak tertib dalam pelaksanaan, dan rendahnya keteladanan mengenai nilai-nilai karakter. Cara mengatasi kendala adalah dengan membuat jadwal rutin bagi guru, mambangun komunikasi intensif antara guru dan siswa, dan memberikan nasehat serta contoh nyata bagi siswa. ?
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 14:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 14:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8784 |
Actions (login required)
View Item |