PRINSIP DASAR POLA PIKIR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (Studi Analisis Terhadap Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam)

ARDHANA, NASHIH ULWAN (2020) PRINSIP DASAR POLA PIKIR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (Studi Analisis Terhadap Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Jadi Nashih Ulwan Ardhana PAI 23010160325.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ardhana, Nashih Ulwan. 2020. Prinsip Dasar Pola Pikir Dalam Menjalani Kehidupan Menurut Abdullah Nashih Ulwan (Studi Analisis Terhadap Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam) Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Prinsip; Nashih Ulwan; Pola Pikir; Pendidikan Dalam agama Islam, pendidikan anak adalah sebuah proses urgen dan sakral dalam pembentukan masyarakat yang madani. Patut dijadikan perhatian bahwa kondisi pendidikan anak pada saat ini tidak begitu baik. Terbukti dengan kondisi keilmuan Islam yang terus mengalami gejala penurunan kualitas. Hal ini dikarenakan kondisi pola pikir dan orientasi terhadap pendidikan anak yang kurang tepat. Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan adalah kitab yang dapat menjadi jawaban atas problematika ini, dengan kandungan konsep pendidikan yang mencakup konsep pendidikan anak dari sudut pandang ruang dan waktu serta berbagai upaya aplikatif, prefentif dan kuratif dalam mengawal tumbuh kembang anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa penelitian naskah. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari naskah kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam baik yang berbahasa Arab maupun terjemahannya, serta buku-buku pendukung lainnya. Penelitian ini mencakup beberapa tahapan diantaranya membaca, memilah data, menganalisa dan menyimpulkan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan, dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa pendidikan anak dalam Islam ditinjau dari segi ruang dan waktu menurut Ulwan adalah berupa proses penuh seluruh komponen pendidikan anak dalam lingkup keluarga, lingkungan dan sekolah, dimulai dari pemilihan calon orang tua, proses kelahiran anak, tumbuh kembang anak hingga kondisi kesiapan anak untuk memiliki pasangan dan membangun keluarga. Latar belakang pemikiran Ulwan banyak diwarnai oleh kondisi kehidupannya terutama pendidikan yang lekat dengan agama Islam serta kegelisahan Ulwan terhadap dekadensi keilmuan umat Islam yang menjadikan corak konsep pendidikan dalam kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam lekat akan tuntunan Islam dan juga bentuk sikap resistensi Ulwan terhadap kemunduran keilmuan islam.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 10:39
Last Modified: 02 Jul 2020 10:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item