IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF DI SEKOLAH :(STUDI MUKLTI KASUS DI SD ISLAM ISTIQOMAH UNGARAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) CAHAYA UMAT BERGAS , DAN SD ISLAM PLUS HAJI SOEBANDI BAWEN KAB.SEMARANG)

Juliyah, . (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF DI SEKOLAH :(STUDI MUKLTI KASUS DI SD ISLAM ISTIQOMAH UNGARAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) CAHAYA UMAT BERGAS , DAN SD ISLAM PLUS HAJI SOEBANDI BAWEN KAB.SEMARANG). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
JULIYAH_M1.13.008.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apaadanya dan mengungkap bagaimana karakteristik konsep kurikulum integratif dan implementasinya di SD Islam Istiqomah Ungaran, SDIT Cahaya Ummat Bergas dan SDIP Haji Soebandi Bawen Kab. Semarang. Adapun rumusan masalah pada peneltian ini adalah: 1) Bagaimana konsep kurikulum integratif yang dikembangkan 2) Bagaimana Implementasi kurikulum integrstif yang dilaksanakan 3) Bagaimana krakteristik kurikulum integratif yang dikembangkan dan 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum integratif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah melalui studi multi kasus. Untuk menggali data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan telaah dokumen. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1) Konsep kurikulum integratif di 3 (tiga) SDI yang diteliti adalah terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.2) Implementasi kurikulum Integratifnya di SDI Istiqomah menggunakan kurikulum PAI Kemendiknas dan kurikulum PAI Kemenag yang dimodifikasi, SDIT Cahaya Ummat mata pelajaran umum terintegrasi dengan nilai Islam (integrasi materi) dan integrasi mendasari berupa tahsin, tahfidz, BTAH , Bahasa Arab, SKI sesuai standar JSIT, dan SDIP Haji Soebandi sepenuhnya menggunakan kurikulum Kemenag. 3) karakteristik kurikulum integratif SDI Istiqomah adalah terintegrasi dengan nilai Islam , karakteristik kurikulum integratif di SDIT Cahaya Ummat adalah terintegrasi materi dan integrasi yang mendasari sesuai standar JSIT, karakteristik kurikulum integratif di SDIP Haji Soebandi sama dengan SDIP terintegrasi dengan nilai Islam dengan mengimlementasikan kurikulum Kemenag. 4)Secara umum faktor pendukung kurikulum integratif yang dikembangkan dan dilaksanakan di 3 (tiga) SD Islam yang diteliti meliputi faktor guru yang kompeten dan komitmen (berdedikasi tinggi serta bersemangat belajar), faktor kepemimpinan yang sehat dari yayasan dan kepala sekolah, faktor sarana prasarana pembelajaran yang memadai dan faktor peran serta dan dukungan wali murid terhadap program-program sekolah. Adapun hambatan dari implementasi kurikulum integratif di 3 (tiga) SD Islam yang diteliti secara umum berupa guru yang kurang kompeten dan kurang komitmen, wali murid yang kurang mendukung dan faktor kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:31
Last Modified: 10 Feb 2016 04:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item