Wiryandari, Ata Riski (2020) PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KONSEP JAMUR ANGKA PADA SISWA KELOMPOK A DI TK ISLAM ASY SYIFA’ BERGAS KIDUL KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ATA RISKI W-23050150014-PIAUD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Wiryandari, Ata Riski.2020.Pengembangan Motorik Halus Dengan Konsep Jamur Angka Pada Siswa Kelompok A Di TK Islam Asy Syifa’ Bergas Kidul Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh M.Si. Kata Kunci: Motorik Halus, Jamur Angka Perkembangan motorik halus pada anak sejak dini berguna untuk mendorong anak dapat memegang tidak dengan telapak tangan lagi, tetapi dengan menggunakan jari-jarinya (menjimpit). Perkembangan motorik halus yang belum berkembang menjadi masalah yang dihadapi guru kelompok A. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah konsep jamur angka dapat mengembangkan motorik halus pada siswa kelompok A di TK Islam Asy Syifa’ Bergas kidul Desa Bergas tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan mengunakan konsep jamur angka dalam mengembangkan motorik halus pada siswa kelompok A di TK Islam Asy Syifa’ Bergas kidul tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 26 anak di TK Islam Asy Syifa Bergas kidul yang meliputi 14 laki-laki dan 12 anak perempuan. Instrument penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep jamur angka dapat mengembangkan motorik halus kelompok A.1 di TK Islam Asy Syifa Bergas kidul tahun pelajaran 2019/2020. Presentase keberhasilan Siklus I terdapat 14 anak yang Belum Berkembang (BB) dan 12 anak yang Mulai Berkembang (MB) dengan pencapaian 52,88 %. Siklus II terdapat 23 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 3 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan tidak ada anak Mulai Berkembang (MB). Dari Siklus I dan Siklus II telah melampaui kriteria ketuntasan yang di tetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 88,46 % sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 11:39 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 05:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8813 |
Actions (login required)
View Item |