PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

P, Lilik Yulia Tri (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pamungkas, Lilik Yulia Tri. 2020. Peningkatan Hail Belajar Akidah Ahlak Materi Ahlak Terpuji Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing Hj. Siti Rukhayati, M.Ag Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Ahlak Terpuji pada kelas VIII di MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kela (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa dan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Ahlak Terpuji melalui model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tterpuji pada sisa kelas VIII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang meningkat yaitu nilai pra siklus siswa yang mencapai KKM 5 siswa dengan presentase 29,4%, sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan presentase 64,7% dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 100%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2020 13:58
Last Modified: 08 Jul 2020 04:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item