Fatiha, Khamdiyah Soen (2020) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VISUAL DENGAN MEDIA CUBE PUZZLE PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM ASY SYIFA BERGAS KIDUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI (Khamdiah Soen Fatina).pdf Download (4MB) |
Abstract
Fatina, Khamdiah Soen. 2020. Mengembangkan Kemampuan Visual Dengan Media Cube Puzzle pada Kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Visual, Media Cube Puzzle Kemampuan Visual melalui media cube puzzle pada Kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul menunjukkan bahwa masih kurang baik. Hal ini dibuktikan ada beberapa anak yang belum mampu menyusun potongan gambar menjadi gambar utuh. Selain itu anak di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul masih perlu bimbingan dalam mengembangkan kemampuan visual pada anak. Rumusan masalah peneliti ini yaitu Apakah Media Cube Puzzle dapat mengembangkan kemampuan visual pada anak Kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui Media Cube Puzzle dapat mengembangkan kemampuan visual anak Kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul yang berjumlah 28 anak meliputi 15 laki-laki dan 13 perempuan. Instrument penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Cube Puzzle dapat mengembangkan kemampuan visual kelompok A4 di TK Islam Asy Syifa Bergas Kidul tahun pelajaran 2019/2020. Presentase keberhasilan Siklus I terdapat 12 anak yang Belum Berkembang (BB) dan 16 anak yang Mulai Berkembang (MB) dengan pencapaian 57%. Siklus II terdapat 4 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 23 anak Berkembang Sesuai Harapa (BSH), dan 1 anak Mulai Berkembang (MB). Dari Siklus I dan Siklus II telah melampaui kriteria ketuntasan yang di tetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 96% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 18:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 11:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8823 |
Actions (login required)
View Item |