PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI METODEEXAMPLE NON EXAMPLE DENGANMEDIAGAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD PLUS TAHFIZHUL QURAN ANNIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kistiyani, Nurul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI METODEEXAMPLE NON EXAMPLE DENGANMEDIAGAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD PLUS TAHFIZHUL QURAN ANNIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NURUL KISTIYANI 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kistiyani, Nurul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Sederhana Melalui Metode Example Non-Example dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SD Plus Tahfizhul Quran Annida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Nur Hasanah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Example Non-Example,MediaGambar Sei Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode example non example dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SD Plus Tahfidzul Quran Annida Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas IIISD Plus Tahfidzul Quran Annida yang terdiri dari 20 siswa yaitu 12 laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode example non example dengan media gambar seridapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode example non example dengan media gambar serihanya 35% (7 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 60% (13 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 55% (11 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata70.00, sedangkan 45% (9 siswa yang belum tuntas) dengan nilai rata-rata 30.00. Pada siklus II sebanyak 18 siswa yang mencapai KKM atau 90% dari keseluruhan siswa kelas III dengan nilai rata-rata 84.00. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2020 10:47
Last Modified: 07 Jul 2020 04:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item