PROBLEMATIKA PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAULANA, FARID (2020) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Farid Maulana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Maulana, Farid. 2020. Problematika Penggunaan Google Classroom sebagai Sarana Pembelajaran Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar IPA di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T.IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci: Problematika, Google Classroom, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran akibat pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar IPA serta untuk mengetahui upaya dalam menghadapi problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran akibat pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data Display), dan tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) problematika yang bersifat internal meliputi siswa kesulitan dalam mengoperasikan google classroom, terdapat 1,03 % siswa yang belum memiliki smartphone, terdapat siswa yang kurang memahami isi materi serta kurangnya penjelasan materi IPA yang telah disampaikan oleh guru melalui google classroom. Problematika yang bersifat eksternal meliputi siswa kurang mendapat perhatian dan dukungan dari lingkungan keluarga dan kurangnya interaksi secara langsung dari guru terhadap siswa. (2) upaya kepala sekolah yaitu bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam hal sarana prasana, walikelas bertugas untuk mendata kemudian oleh pihak sekolah diberikan bantuan berupa pemberian data internet. Selain itu, tidak lupa memberikan motivasi berupa video yang langsung dapat diakses siswa melalui forum pada Google Classroom, upaya guru yaitu menggunakan pembelajaran berupa video dan memantau setiap perkembangan siswa dalam memahami pembelajaran melalui google classroom, upaya siswa yaitu mencari materi yang belum dipahami melalui google, youtube serta beberapa sumber buku lainnya. Tingkat motivasi belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Salatiga dalam pembelajaran menggunakan google classroom selama adanya covid-19 yaitu sedang dengan frekuensi 28 dan presentase 56%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2020 09:48
Last Modified: 09 Jul 2020 09:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item