Elis, Khabbatul (2020) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SURUH KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
NASKAH SKRIPSI PDF.pdf Download (5MB) |
Abstract
Elis, Khabbatul. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran CRH. Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang aktif dan inovatif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi terhadap pembelajaran matematika, sehingga menyebabkan rendahnya nilai siswa serta rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep materi matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CRH dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Suruh tahun 2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran CRH pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Suruh tahun 2019 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Suruh dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila motivasi belajar siswa mencapai ? 75% dan hasil pemahaman konsep matematika siswa mencapai nilai KKM 70 dengan persentase 85% maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CRH dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah Suruh tahun 2019/2020. Motivasi belajar siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I meningkat (11,0%) dan dari siklus I ke siklus II meningkat (18,86%). Hal ini dapat dilihat dari persentase tahap pra siklus (67,18%) siklus I (78,2%) siswa tuntas belajar, dan siklus II (97,06%) Sedangkan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat (3,1%) dan dari siklus I ke siklus II meningkat 40,7%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa dari pra siklus (43,7%) siswa tuntas belajar, siklus I (46,8%) siswa tuntas belajar, dan siklus II (87,5%) siswa tuntas belajar.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 10:34 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 03:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8859 |
Actions (login required)
View Item |