MANAJEMEN KEGIATAN NON AKADEMIK MI MA'ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

, Verawati Dewi Saputri (2020) MANAJEMEN KEGIATAN NON AKADEMIK MI MA'ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FIX NASKAH SKRIPSI VERAWATI DEWI SAPUTRI PGMI 23040160138.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputri, Verawati, Dewi. 2020. Manajemen Kegiatan Non Akademik MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr.Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Kegiatan Non Akademik. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan non akademik di MI Ma’arif Gedangan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan non akademik di MI Ma’arif Gedangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Sugiyono, 2010:335). Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, ada beberapa fungsi dasar manajemen yang dilaksanakan, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (1) Perencanaan telah dilaksanakan dengan pembuatan program, pembuatan materi, menetapkan prosedur masing- masing ekstrakurikuler, dan menyiapkan anggaran. Pengorganisasian telah dilaksanakan dengan tepat sasaran, kepala madrasah bekerjasama dengan guru-guru dan pelatih dengan cara memberikan dan membagikan tugas dan tanggungjawab penuh kepada guru koordinator, pelatih, dan guru piket. Pelaksanaan telah dilakukan dengan kolaborasi yang tepat, kepala madrasah merekrut pelatih yang memang berbakat dalam bidangnya sehingga dapat menghasilkan siswa yang berprestasi. Pengawasan telah dilakukan dengan evaluasi program maupun evaluasi siswa setelah selesai latihan. (2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan prestasi non akademik siswa yaitu bakat yang dimiliki siswa dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu ada pelatih ekstrakurikuler drumband yang mempunyai kesibukan yang banyak, serta kurang berminatnya siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2020 14:12
Last Modified: 10 Jul 2020 07:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item