STRATEGI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL FALAH KELURAHAN DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA

MUZAKKY, M.ADIB (2020) STRATEGI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL FALAH KELURAHAN DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
adiib-dikonversi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muzakky, M Adib. 2020. Strategi Pembaharuan Pendidikan Islam DI Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agung Hidayatulloh S.S, M. P,d. Kata Kunci: Pembaharuan, Pendidikan Islam, Pondok Pesantren. Tujuan penelitian penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah : 1) Untuk mengetahui apakah yang melatar belakangi pentingnya pembaharuan pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah.Untuk 2) Apa strategi pembaharuan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah dalam melaksanakan pembaharuan Pendidikan Islam.! 3) Apa saja manfaat pembaharuan pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengasuh Pengurus Ustadz dan santri atai santriwati sebagai Informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian Ini menunjukan perkembangan zaman modernisasi menyebabkan kemajuan teknologi yang semakin lama tidak dapat dibendung membuat pesantren harus menjaga eksistensi d itengah persaingan pendidikan, salah satunya pondok PPTI Al Falah yang mersepon dengan pembaharuan dengan melaksanakan pembaharuan pendidikan Islam guna agar eksistensi pesantren tidak tergerus pendidikan umum. Strategi pembaharuan tersebut dengan pembaharuan berbagai aspek Pertama Pola pengembangan ketrampilan Pola Kerjasama Pengembangan. Pola Pengembangan Sporadis. Dalam hal ini pembaharuan tersebut memiliki berbagai macam manfaat diantaranya adalah kemajuan pondok pesantren dilihat dari mulai banyaknya prestasi yang didapatkan dari pola pengembangan ketrampilan melalui extrakulikuler pesantren. Minat masyarakat semakin tumbuh terhadap pendidikan pesantren karena pesantren bukan hanya menjadi lembaga dengan pengajaran agama semata melainkan lembaga yang juga mengajarkan bagaimana berwirausaha, mengasah ketrampilan dan mendapatkan ijazah sekolah yang diakui oleh negara.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2020 10:31
Last Modified: 14 Jul 2020 10:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8923

Actions (login required)

View Item View Item