PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

HIDAYATI, NUR (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS-dikompresi.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Nur. 2019. Pengembangan Modul tentang Perubahan Lingkungan Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Rahmat Haryadi, M..Pd. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Konstruktivisme. Keterampilan Berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul tentang perubahan lingkungan berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, mengetahui kelayakan dan keefektifan modul yang dikembangkan, serta kemenarikan modul dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Modul; Design merupakan perancangan produk berupa modul; Development merupakan pengembangan modul yang selanjutnya dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan media; Implementation penerapan modul sebagai bahan ajar pembelajaran; dan Evaluation merupakan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa Modul tentang perubahan lingkungan berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan katerampilan berpikir kritis dan kreatif layak digunakan. Jumlah subjek penelitian adalah 25 peserta didik sebagai kelas ujicoba dan 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai kelayakan modul, dan soal pretest dan posttest untuk pengumpulan data nilai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan informasi sebagai berikut, (1) modul tentang perubahan lingkungan berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dibutuhkan guru dalam pembelajaran; (2) Modul yang dikembangkan layak diujicobakan dalam pembelajaran; (3) modul yang dikembangkan terbukti terbukti efektif dan menarik digunakan dalam pembelajaran serta menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar pada pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran tidak menggunakan modul (hasil uji independent samples T Test p = 0,140 < 0,05)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2020 13:59
Last Modified: 15 Jul 2020 13:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item