Setyaningsih, Mulyani (2020) Implementasi Sistem Full Day School Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius dan Jujur Siswa di SD PTQ Annida Salatiga Tahun 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS KOMPLIT SIAP PRINT-converted.pdf Download (1MB) |
Abstract
Praktik Pendidikan Agama Islam Berbasis Penguatan Karakter Religius Dan Jujur di Lingkungan Sekolah Full Day Studi Kasus di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur’an Annida Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020, Pembimbing Dr. Ruwandi, MA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui kebijakan sistem full day school dalam penguatan karakter religius dan jujur, (b) mengetahui pelaksanaan sistem full day school dalam penguatan karakter religius dan jujur, (c) mengetahui pandangan orang tua terhadap penguatan karakter religius dan jujur dalam sistem full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : a) Kebijakan penguatan karakter religius dan jujur siswa SD PTQ Annida Salatiga dijalankan dalam beberapa proses dan dokumen. Antara lain penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), dan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yayasan Annida Salatiga yang berkaitan dengan pendirian sekolah berdasar dari visi, misi dan tujuannya. b) Penguatan karakter religius dan jujur di SD PTQ Annida Salatiga dengan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam karakter religius yaitu karakter religius ibadah sholat, karakter religius membaca al-qur’ann karakter religius ibadah puasa. Dan nilai-nilai penguatan karakter sikap jujur yaitu laporan buku muroja’ah, laporan buku sholat anak, kejujuran tidak membawa uang saku, dan piket sesuai jadwal. Langkah-langkah manajemen meliputi kegiatan intrakurikuler, cookurikuler dan ekstrakurikuler. c) Orang tua yang menyekolahkan anaknya ke SD PTQ Annida beranggapan bahwa dalam pencapaian penguatan karakter religius dan jujur dalam proses pembelajaran dan kesehariannya di sekolah memiliki dampak yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilihat orang tua langsung saat dirumah, diantaranya yang anaknya dulu tidak bisa membaca al-qur’an dengan lancar, sekarang jadi lancar dan dengan tajwid yang benar. Dulu susah untuk disiplin sholat menjadi mau sholat walau terkadang orang tua mengingatkan berulang-ulang. Yang dulunya puasa itu bolong-bolong sekarang jadi rutin puasa, dan walau ada pula yang puasanya juga masih ada yang bolong namun biasanya itu ada pada anak kelas bawah. Kata Kunci : Penguatan Karakter, Sekolah Full day, Karakter Religius dan Jujur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 11:56 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 05:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8971 |
Actions (login required)
View Item |