Pendidikan Holistik Dalam Alquran ( Telaah Tafsir Maudhui)

Haqiqy, Nuur Fuadatul (2020) Pendidikan Holistik Dalam Alquran ( Telaah Tafsir Maudhui). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nuur Fuadatul Haqiqy (111-13-208).pdf

Download (1MB)

Abstract

Globalisasi tidak akan bisa dihindari dan telah menghampiri seluruh rakyat di belahan bumi manapun dengan membawa banyak dampak baik positif maupun negatif. Untuk mengantisipasi dan menanggulangi dari dampak globalisasi diperlukan pendidikan secara menyeluruh baik jasmani maupun rohani. Melalui pendidikan holistik diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengantisipasi dan menanggulangi dari dampak globalisasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan holistik, serta untuk mengetahui ajaran holistik yang terdapat dalam Al Qur?an yaitu dalam QS. Al Baqarah ayat 208, QS.At Taubah Ayat 122, QS.At Tin ayat 4, QS.Al Alaq ayat 1-5, dan QS.An Nahl ayat 90. Penulisan skripsi ini menggunakan jeni spenelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kajian tafsir maudlu’i, atau biasa disebut dengan tafsir tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan holistik merupakan pendidikan yang membantu peserta didik untuk memamhamkan serta mengembangkan segala aspek dalam kehidupan secara menyeluruh untuk diri sendiri serta lingkungan, secara jasmani dan rohani. Globalisasi tidak akan bisa dihindari dan telah menghampiri seluruh rakyat di belahan bumi manapun dengan membawa banyak dampak baik positif maupun negatif. Untuk mengantisipasi dan menanggulangi dari dampak globalisasi diperlukan pendidikan secara menyeluruh baik jasmani maupun rohani. Melalui pendidikan holistik diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengantisipasi dan menanggulangi dari dampak globalisasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan holistik, serta untuk mengetahui ajaran holistik yang terdapat dalam Al Qur?an yaitu dalam QS. Al Baqarah ayat 208, QS.At Taubah Ayat 122, QS.At Tin ayat 4, QS.Al Alaq ayat 1-5, dan QS.An Nahl ayat 90. Penulisan skripsi ini menggunakan jeni spenelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kajian tafsir maudlu’i, atau biasa disebut dengan tafsir tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan holistik merupakan pendidikan yang membantu peserta didik untuk memamhamkan serta mengembangkan segala aspek dalam kehidupan secara menyeluruh untuk diri sendiri serta lingkungan, secara jasmani dan rohani. Dalam Al Qur?an terdapat ajaran holistik yaitu dalam QS.Al Baqarah ayat 208, yang memerintahkan manusia untuk beriman dan belajarsecara keseluruhan baik jasmani maupun rohani. Selain itu terdapat pula perintah untuk belajar pengetahuan untuk diri sendiri serta mengajarkan kepada orang lain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2020 10:53
Last Modified: 17 Jul 2020 10:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item