BAIDHAWY, ZAKIYUDDIN (2014) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN DALAM MASYARAKAT PLURAL. Analisis Jurnal studi Keislaman, 14 (2). pp. 289-309. (Unpublished)
Text
Pendidikan Perdamaian.pdf Download (380kB) |
Abstract
Abstrak Konflik dan ketegangan politik dan ideologi seringkali akibat dari dan melahirkan pidato kebencian dan pesan-pesanintoleran terhadap kelompoketnik, kultur, dan agama yang berbeda. Pendidikan Agama bisa memainkan peran dalam mempromosikan pandangan positif tentang keragaman. Penelitian ini menyajikan kajian tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam(PAI) yang ada di empat sekolah menengah pertama di Kota Solo, serta persepsi guru dan siswa tentang keragaman agama. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, menggunakan analisis isi dokumen tertulisberupa manual siswadan buku pegangan guru), dikombinasikan dengan kuesioner semi-terstruktur untuk kepala sekolah, guru, dan siswa, dan Focused Group Discussion untuk menilai persepsi dan sikap mereka terhadap keberbedaan dan perbedaan. Penelitian ini menemukan bahwa kurikulum PAI kurang memilikimuatan yang bertujuanmenanamkan ko- eksistensi dan pendidikan perdamaian. Juga, sekitar sepertiga guru dan siswa melaporkan sikap tidak toleran terhadap agama- agama yang berbeda. Hasilnya kemudian ditindaklanjuti oleh sebuah proyek percontohan untuk mengembangkan Pendidikan Perdamaian berbasis Islam, yang bertujuan untuk membangun karakter cinta damai di kalangan muda-mudi, melalui pengajaran saling menghormati, non-kekerasan, keadilan sosial, dan ko- eksistensi, dengan menggunakan nilai-nilai Islam. Kata kunci: Pendidikan Damai; Ko-eksistensi; Terorisme; Pluralisme
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 08:57 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 08:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/906 |
Actions (login required)
View Item |