SYUKRIYAH, INA (2020) PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELIAN PRODUK FASHION MUSLIM MELALUI SHOPEE. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI_INA SYUKRIYAH_63020160079.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Syukriyah, Ina. 2020. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada Pembelian Produk Fashion Muslim melalui Marketplace Shopee. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Yudha Trishananto, M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya-upaya untuk memuaskan kebutuhan konsumen dilakukan oleh setiap pelaku usaha dengan berbagai strategi dan cara, dengan harapan konsumen merasa puas dan akan melakukan pembelian ulang. Apabila seorang konsumen telah berubah menjadi pelanggan yang loyal karena kepuasannya terpenuhi, maka konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas melalui kepercayaan sebagai variabel intervening pada pembelian produk fashion muslim melalui marketplace shopee. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner mengunakan skala interval. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Data diolah dengan SmartPLS, dianalisis dengan convergent validity, dicriminant validity, Composite Reliability, Average Variance Extracted (AVE), Collinearity Statistics (VIF), uji path coefficient, coefficient determination, uji hipotesis menggunakan bootstrap, serta uji pengaruh langsung dan tidak langsung menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping value dan utilitarian shopping value. Kedua menunjukkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping value dan utilitarian shopping value. Ketiga variabel kepuasan berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Keempat variabel kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas sedangkan variabel kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Terakhir variabel kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepercayaan. Kata kunci: hedonic shopping value, utilitarian shopping value, kepuasan, kepercayaan, loyalitas
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 10:08 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 03:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9073 |
Actions (login required)
View Item |