Maslikhah, Maslikhah (2016) RESONANSI SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (SEBUAH UPAYA PELESTARIAN BERBASIS EKOLOGI). [Experiment]
Text
RESONANSI SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fokus penelitian untuk menemukan resonansi sekolah berwawasanlingkungan dengan berbasis ekologi. Fakus penelitian ini dapat dirinci ke dalamsejumlah pertanyaan 1. bagaimana pengembangan kebijakan peduli danberbudaya lingkungan; 2. Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan;3.pengembangan kegiatan lingkungan berbasis masyarakat; 4. Pengembangan danpengelolaan sarana pendukung sekolah peduli dan berbudaya lingkungan; 5.Upaya sekolah untuk mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi?Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyekwaktu dan penelitian adalah kepala sekolah, ketua pelaksana program Adiwiyata,dan guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Lokasi penelitian diSMA N 2 Temanggung Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli s.dNopember 2016. Teknik pengambilan data dengan sampel bertujuan melaluiwawancara semi terstruktur dan wawancara mendalam (in-depth). Teknis analisisdata yang digunakan interpretasi, deduksi, induksi, dan indepth analysis.Pengecekan keabsahan data melalui derajat kepercayaan, keteralihan,kebergantungan, dan kepastian.Hasil penelitian diperoleh 1. Pengembangan kebijakan peduli dan berbudayalingkungan meliputi kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan visisekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan pembelajaranpendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan matapelajaran yang ada, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidangpendidikan lingkungan hidup, penghematan sumber daya alam, menciptakanlingkungan sekolah bersih dan sehat, pengalokasian dan penggunaan dana bagikegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup. 2. Pengembangankurikulum berbasis lingkungan melalui penerapan kurikulum secara monolitik. 3. Pengembangan kegiatan lingkungan berbasis masyarakat dalam bentuk kegiatanpartisipatif. 4. Pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah pedulidan berbudaya lingkungan dengan melakukan upaya stategis melaluipengembangan sarana pendukung dan peningkatan kulitas pengelolaan,penghematan sumberdaya alam, peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,kemandirian sistem pengelolaan sampah. 5. Upaya sekolah untuk mendapatkanpenghargaan yang lebih tinggi dengan melakukan penerapan strategi kreatif, inovatif, keberlanjutan, dan membangun budaya/life style berwawasan lingkungan kepada siswa, guru, dan karyawan. Key Words: Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Berbasis Ekologi.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 10:34 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 03:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9146 |
Actions (login required)
View Item |