MODEL PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO DS. GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN 2020

Sadhali, Moh Minan (2020) MODEL PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO DS. GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Moh, Minan, Sadhali. 2020. Model Pendidikan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Tugas Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Di Pondok Pesantren Edi Mancoro Ds. Gedangan Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Program Studi pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Heru Saputra, S.Pd.I., M.A. Kata Kunci: Pendidikan; Kemandirian; Pondok Pesantren Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hakekat model pendidikan kemandirian santri dan penerapan model pendidikan kemandirian santri di pondok pesantren edi mancoro desa gedangan kecamatan tuntang kabupaten semarang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengasuh pondok pesantren, ustadz atau kyai, pengurus pesantren, dan santri. Sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan kemandirian, profil pesantren. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pendidikan pesantren pada hakekatnya secara tidak langsung sudah mengajarkan santri tentang kemandirian hidup. Di pesantren edi mancoro santri diberikan keleluasaan dalam mengelola hidupnya sendiri termasuk mengurus hidupnya. Seperti makan, mencuci pakaian, mengelola keuangan, dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk mengembangkan life skill santri. Kedua, penerapan model pendidikan kemandirian santri di pondok pesantren edi mancoro lebih menitikberatkan pada ajaran Rasulullah yaitu uswatun hasanah atau memberikan tauladan yang baik kepada santri. Pelatihan khitobah menjadi salah satu cara untuk mengembangkan komunikasi dan keilmuan keagamaan para santri khususnya untuk mahasiswa pendidikan agama Islam. Disamping santri belajar kitab-kitab klasik di pesantren edi mancoro juga diajarkan life skill untuk santri seperti, berwirausaha, koperasi, pengelolaan komputer, dan desain grafis. Kegiatan-kegiatan yang demikian agar mereka dapat mengaplikasikannya dan tidak selalu menggantungkan orang lain dalam kehidupannya.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2020 20:11
Last Modified: 20 Oct 2020 15:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9162

Actions (login required)

View Item View Item