PENGARUH LAYANAN E-BANKING, RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA BRI SYARIAH KC SEMARANG)

MULYONO, LUQMAN SURYO (2020) PENGARUH LAYANAN E-BANKING, RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA BRI SYARIAH KC SEMARANG). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI LUQMAN SURYO MULYONO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mulyono, Luqman Suryo. 2020. Pengaruh Layanan E-banking, Relationship Marketing, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Ari Setiawan, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat banyaknya Perbankan Syariah di Indonesia yang bermunculan dengan begitu pesat, serta terjadi persaiangan antar Bank Syariah tersebut. Hal ini menjadikan bank syariah haruslah bekerjasama satu dengan yang lain agar nasabah tetap berada pada bank syariah yang ada. Seringkali para nasabah tidak loyal terhadap bank syariah tertentu karena banyaknya tawaran yang diberikan oleh kompetitornya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan e-banking, relationship marketing, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan kepuasan sebagai mediasi disetiap variabel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuisioner yang ditujukan kepada nasabah BRI Syariah KC Semarang pada tahun 2020. Sampel yang diambil sebanyak 100 dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang telah diperoleh selanjutnya dihitung dengan alat bantu spss versi 20. Dengan menggunakan beberapa uji, yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji Ttest, uji Ftest, koefisien determinasi (R2) dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa layanan e-banking, relationship marketing, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah menabung di BRI Syariah KC Semarang. Dalam uji path analysis kepuasan nasabah tidak dapat berperan sebagai mediasi antara layanan e-banking, relationship marketing, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di BRI Syariah KC Semarang. Kata Kunci: Layanan E-banking, Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2020 10:24
Last Modified: 15 Oct 2020 10:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9163

Actions (login required)

View Item View Item