PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BPRS SURIYAH KC KUDUS DENGAN MINAT NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

DEVITA, IKA (2020) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BPRS SURIYAH KC KUDUS DENGAN MINAT NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Ika PS S1-converted_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Devita, Ika. 2020. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah menabung di BPRS Suriyah Kc Kudus Dengan Minat Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Progam Studi S1- Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Ari Setiawan, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan industri perbankan syariah di era revolusi industri 4.0 yang semakin ketat. Adanya krisis ekonomi global yang pernah terjadi tentunya berdampak pada perbankan di Indonesia berupa likuiditas sector perbankan disertai berkurangnya transaksi keuangan. Dari kejadian tersebut tentunya menjadikan minat nasabah menabung menurun karena mereka berfikir bank tidak dapat memberikan keuntungan. Dari kejadian tersebut bank harus membuat strategi marketing mix untuk meningkatkan minat nasabah dan memutuskan menabung kembali di bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasaba menabung di BPRS Suriyah Kc Kudus dengan minat nasabah sebagai variabel intervening. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk, promosi, proses, pelayanan, minat dan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data pada dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang d3itujukan kepada nasabah BPRS Suriyah KC Kudus pada tahun 2020. Sampel yang diambil sebanyak 100 dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunaan alat bantu spss versi 20. Analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji Asumsi klasik, uji T????????????????, uji F????????????????, uji koefisien determinasi (R2) dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil uji T???????????????? menunjukkan bahwa produk, proses, minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan. Proses dan pelayanan berpengaruh poositif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan. Uji path analysis menunjukkan bahwa variabel minat berperan sebagai mediasi antara pengaruh produk, promosi, pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di BPRS Suriyah KC Kudus. Minat tidak berperan sebagai mediasi antara pengaruh proses terhadap keputusan nasabah menabung di BPRS Suriyah KC Kudus. Kata Kunci: Produk, Promosi, Proses, Pelayanan, Minat, Keputusan Menabung dan BPRS Suriyah Kc Kudus

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2020 10:55
Last Modified: 15 Oct 2020 03:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item