PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI“CARD SORT” PADA SISWA KELAS IV MI KARANGDUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saidah, Umi (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI“CARD SORT” PADA SISWA KELAS IV MI KARANGDUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UMI SAIDAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saidah, Umi. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan dengan Menggunakan Strategi Card Sort pada Siswa Kelas IV MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: strategi card sort, hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Karangduren pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan strategi card sort. Masalah yang dikaji adalah apakah strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan pada siswa kelas IV MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, yaitu terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berikut temuan penelitian dikatakan bahwa penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan pada siswa kelas IV MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus Ike siklus II sebanyak 37,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 54,1% dan 11 siswa atau 45,8% yang belum tuntas dengan rata-rata 57,2. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 91,6% dan 2 siswa atau 8,4% yang belum tuntas dengan rata-rata 82,75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:21
Last Modified: 29 Sep 2016 01:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item