PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING VIA DRAGONLEARN ERA PANDEMIC COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MA’HAD ISLAM KOPENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

S, NITA ARI ROCHMAHDANI (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING VIA DRAGONLEARN ERA PANDEMIC COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MA’HAD ISLAM KOPENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_NITA ARI ROCHMAHDANI SAFITRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Safitri, Nita AR. 2020. Penerapan Pembelajaran daring Via Dragonlearn Era Pandemic Covid-19 Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan pembelajaran daring, dragonlearn dan pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran daring via Dragonlearn Era Pandemic Covid-19 selain itu untuk mengetahui persepsi siswa dan guru terhadap penerapan pembelajaran daring via Dragonlearn Era Pandemic Covid-19 serta untuk mengetahui keuntungan dan hambatan pembelajaran daring via Dragonlearn Era Pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data model alir oleh Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses penerapan pembelajaran daring via Dragonlearn Era Pandemic Covid-19 sudah berjalan dengan baik, dengan melakukan perencanaan yang matang siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan lancar sehingga guru dapat melakukan evaluasi melalui laman statistik yang tersedia. Siswa tertarik dengan pembelajaran seperti ini karena menghasilkan suasana belajar yang baru dan hasil belajar merekapun banyak yang sudah maksimal. Guru menganggap bahwa penerapan pembelajaran daring via dragonlearn era pandemic Covid-19 sudah efektif karena selain mengurangi resiko terjadi penyebaran covid-19 mereka juga akan mendapat pengalaman dan pengetahuan yang baru. Keuntungannya adalah mereka jadi lebih aktif dan lebih percaya diri dalam bertanya, mereka dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Namun pembelajaran seperti ini mempunyai hambatan yang terletak pada jaringan. Pembelajaran ini juga memiliki kekurangan yaitu terdapat pada jenis soal yang berbeli-belit dan pembelajarannya tidak bisa tatap muka sehingga guru tidak bisa menyampaikan materi dengan maksimal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2020 15:40
Last Modified: 20 Oct 2020 06:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item