HUWANA, EMA (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SALATIGA, KECAMATAN SIDOMUKTI, KOTA SALATIGA, TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
EMA HUWANA_23070160007.pdf Download (3MB) |
Abstract
Huwana, Ema. 2020. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul Pembelajaran, dan Pendekatan Kontekstual. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga pada materi himpunan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model tahapan 4D yaitu define atau tahap pendefinisian, design atau tahap perancangan, develop atau tahap pengembangan, dan desseminate atau tahap penyebaran. Tahap define ini mencakup empat langkah pokok, yaitu analisis Front-end (front-end analysis), analisis konsep (concept analysis), analisis tugas (task analysis), dan perumusan tujuan pembelajaran (specifying instructional objectives). Tahap design produk pengembangan e-modul adalah pemilihan bahan ajar, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap develop peneliti melakukan validasi bahan ajar e-modul kepada ahli materi dan ahli media, selain itu melakukan uji coba respon siswa dan respon guru. Tahap desseminate dilakukan untuk mempromosikan produk pengembangan agar bisa diterima pengguna, baik individu, suatu kelompok atau sistem. Hasil analisis media pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga materi himpunan secara keseluruhan berdasarkan akumulasi penilaian dari ahli materi dan ahli media. Validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 80%. dengan kriteria baik dan tanpa revisi, sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan siap digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 08:57 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 07:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9198 |
Actions (login required)
View Item |