PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUBTEMA MENGENAL LINGKUNGAN SEKITAR KITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA KELAS IV SEMESTER I MI SUKOREJO 03 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Faizin, Muhammad Nur (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUBTEMA MENGENAL LINGKUNGAN SEKITAR KITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA KELAS IV SEMESTER I MI SUKOREJO 03 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
M.Nur_Faizin[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Faizin, Muhammad Nur. 2019. Peningkatan Hasil Helajar IPS Subtema Mengenal Lingkungan Sekitar Kita dengan Metode Pembelajaran Karyawisata Kelas IV Semester I MI Sukorejo 03 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: hasil belajar ips, motode karyawisata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode karyawisata bisa meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi lingkungan sekitar kita pada siswa kelas IV MI Sukorejo 03 Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru siswa kelas IV MI Sukorejo 03 kelas IV MI Sukorejo 03 yang terdiri dari 15 siswa yaitu 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaiannya kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis (isian singkat), lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil tiap siklus yang berpatokan pada KKM MI Sukorejo 03 yakni 65 dengan Ketuntasan Klasikal yakni 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode karyawisata hanya 20% (3 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 80% (12 siswa) belum memenuhi KKM yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yang menunjukan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 54% (8 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 46% (7 siswa) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Kemudian pada siklus II hasil belajar 93.33% (14 siswa) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan 6.66 (1 siswa) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,73%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 14:10
Last Modified: 19 Oct 2020 14:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item View Item